Thomas Hitzlsperger Akui Dirinya Gay

Thomas Hitzlsperger Akui Dirinya Gay – Pemain berusia 31 tahun dan memiliki caps timnas Jerman sebanyak 52, yang juga pernah bermain untuk West Ham dan Everton mengeluarkan pernyataan di koran Die Zeit.

Hitzperger adalah nama tenar pertama yang mengakui secara publik bahwa dirinya adalah seorang homoseksual dan mengatakan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

“Saya jujur dan mengakui homoseksualitas saya karena saya menginginkan terjadinya diskusi terkait dengan homoseksualitas diantara para olahragawan profesional,” tambahnya.

Thomas Hitzperger berkata pada program radio BBC tentang keputusannya untuk mengakui orientasi seksualnya, di hari Rabu waktu setempat.

Gelandang yang mengakhiri karir profesional di bukan September setelah megngalami berbagai macam cedera, mengatakan bahwa dia menyadari dalam beberapa tahun terakhir, dia lebih memilih untuk hidup bersama dengan seorang pria, bukan wanita. Dia juga menambahkan bahwa : “Saya tak ingin malu mengakui orientasi seksual yang saya miliki.”

Dia mengatakan bahwa isu tentang homoseksualitas adalah hal yang tabu di ruang ganti dan tak pernah mudah untuk hidup dengan komentar yang buruk tentang itu.

“Bayangkan saja jika ada 20 orang pria sedang duduk bersama-sama sambil minum bir, kamu harus menjadi seperti mayoritas mereka, akan menjadi agak mengkhawatirkan bila mengetahui bahwa satu orang diantaranya adalah seorang gay, saya tak mau menghadapi komentar lucu dan menyinggung,” katanya.

Beberapa atlet dengan nama tenar dari olahraga lain sudah terbuka mengenai orientasi seksual mereka dalam beberapa tahun terakhir, dengan pembalap juara Olimpiade Tom Daley menyatakan secara terbuka bahwa dia sedang menjalani hubungan dengan seorang pria, bulan Desember.

Namun contoh untuk nama-nama di dunia sepakbola hanya sedikit sekali. Di tahun 1990, mantan pemain Inggris U-21, Justin Fashanu adalah pesepakbola pertama di Britania Raya yang mengakui secara terbuka bahwa dirinya adalah gay. Dia kemudian bunuh diri delapan tahun setelahnya, diusia 37 tahun.

Dibulan Februari 2013, mantan pemain internasional Amerika Serikat dan Leeds United Robbier Rogers mengatakan bahwa dia adalah seorang gay, dan diwaktu dekat lalu pesepakbola Swedia Anton Hysen, anak dari mantan pemain Liverpool Glenn Hysen, mengumumkan bahwa dia adalah seorang homoseksualitas dalam majalah sepakbola Swedia.

“Sekarang isu tentang homoseksualitas telah berjalan dengan baik dan sudah terjadi perubahan yang bagus, bagi saya untuk mengakui bahwa 99% keputusan ini benar, dan saya tak menyesal mengakui keputusan ini,”ujar Hysen yang bermain bagi klub divisi tiga Swedia, pada BBC Radio live.

Saat ini Hitzlperger mendapatkan dukungan dari para koleganya. Pemain yang pernah memperkuat timnas Jerman di Piala Dunia 2006 – meski hanya bermain sebanyak 11 menit di kompetisi itu – dan juga Euro 2008 didukung oleh penyerang Arsenal yang juga pemain timnas Jerman, Lukas Podolski.

Lukas Podolski mengatakan : “Keputusan yang berani dan tepat. Respek untuk Thomas Hitzlsperger. Pengakuannya adalah poin penting bagi pemain gay lainnya.”